Sistem Manajemen Mutu Laboratorium
Sistem
manajemen mutu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan pratek-pratek
standar untuk menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/jasa)
terhadap kebutuhanan atau persyaratan yang ditentukan atau dispesifikasikan
oleh pelanggan atau organisasi. Sistem manajemen mutu dibentuk dari struktur
organisasi, dokumentasi, prosedur dan alat-alat yang terdapat di dalam
organisasi dengan maksud untuk memberikan transparansi mengenai struktur
organisasi, prosedur, dan alat-alat organisasi yang kemudian dapat memberi
kepuasan kepada konsumen.
Pentingnya Mutu Laboratorium
Definisi kualitas/mutu
Kualitas/mutu dapat didefinisikan sebagai suatu ketelitian,
kehandalan, dan ketepatan waktu dalam melaporkan hasil tes. Hasil tes laboratorium harus seakurat mungkin, semua aspek yang
menyangkut pengoperasian laboratorium harus diakui, dan pelaporannya harus
tepat waktu karena banyak digunakan dalam lingkungan kesehatan publik dan
klinis.
Tingkat ketelitian yang diperlukan
Ketika melakukan pengukuran, selalu ada beberapa tingkat
ketidaktepatan. Tantangannya adalah bagaimana mengurangi tingkat ketidaktepatan
sebanyak mungkin, dengan mengingat keterbatasan sistem pengujian. Pada tingkat
ketelitian 99% mungkin pada awalnya dapat diterima, tetapi kesalahan 1% yang
dihasilkan dapat menjadi sangat besar dalam sistem di mana banyak peristiwa
terjadi, seperti dalam pengujian laboratorium.
Dampak negatif kesalahan
laboratorium
Laboratorium menghasilkan hasil tes yang banyak digunakan dalam
klinis dan lingkungan kesehatan publik, dan hasil kesehatan tergantung pada
keakuratan pengujian dan pelaporan. Jika hasil yang disediakan tidak akurat,
konsekuensinya bisa sangat signifikan, termasuk :
·
Pengobatan yang sia-sia
·
Kesulitan dalam pengobatan
·
Kegagalan dalam memberikan perawatan yang tepat
·
Penundaan dalam diagnosis yang benar
·
Tambahan dan tes diagnostik yang tidak perlu.
Konsekuensi ini mengakibatkan korban waktu dan usaha
personil, begitupun dengan pasien mengeluarkan biaya yang banyak.
Meminimalisir kesalahan
laboratorium
Untuk mencapai tingkat tertinggi dari keakuratan dan
kepercayaan, maka penting untuk melakukan semua proses dan prosedur di
laboratorium dengan cara yang terbaik. Laboratorium adalah sistem yang
kompleks, melibatkan banyak langkah kegiatan dan banyak orang. Kompleksitas
sistem ini membutuhkan proses yang banyak dan prosedur harus dilakukan dengan
benar. Oleh karena itu, model sistem manajemen mutu, sangat penting untuk
mencapai kinerja laboratorium yang baik.
Tinjauan dari Sistem Manajemen Mutu
Definisi sistem manajemen mutu
Sistem manajemen
mutu dapat didefinisikan sebagai "kegiatan yang terkoordinasi untuk
mengarahkan dan mengendalikan organisasi dengan memperhatikan mutu".
Definisi ini digunakan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO)
dan oleh Klinis dan Institut Standar Laboratorium (CLSI). Kedua kelompok ini
diakui secara Internasional oleh organisasi standar laboratorium.
Dalam sistem manajemen
mutu, semua aspek operasi laboratorium, termasuk struktur organisasi, proses
dan prosedur, memerlukan jaminan kualitas.
Kompleksitas proses laboratorium
Ada banyak prosedur
dan proses yang dilakukan di laboratorium, dan masing-masing harus dilakukan
dengan benar untuk menjamin keakuratan dan kehandalan pengujian. Sebuah
kesalahan dalam setiap bagian dari proses dapat menghasilkan kelemahan hasil
laboratorium. Sebuah metode dibutuhkan dalam mendeteksi kesalahan pada setiap
tahap pengujian agar kualitasnya dapat dipercaya.
ISO dijadikan
sebagai standar dalam proses laboratorium baik dalam proses pra-pemeriksaan,
pemeriksaan maupun pasca pemeriksaan. Sesuai dengan syarat dalam penggunaan
laboratorium saat ini meliputi proses pra-analitik, analitik dan pasca analitik
atau proses pre-tes, tes dan pasca tes.
Jalur alur kerja
Seluruh kumpulan
operasi yang terjadi dalam pengujian disebut jalur alur kerja. Jalur alur kerja
dimulai dengan pasien dan berakhir dalam pelaporan dan hasil interpretasi.
Konsep jalur alur
kerja merupakan kunci untuk model mutu atau sistem manajemen mutu, dan harus
dipertimbangkan ketika mengembangkan praktek kualitas. Misalnya, sampelnya
rusak atau telah diubah sebagai akibat pengumpulan yang tidak benar atau
transportasi tidak dapat memberikan hasil yang dapat diandalkan. Sebuah laporan
medis yang tertunda atau hilang, atau ditulis dengan buruk, dapat meniadakan
semua upaya melakukan pengujian dengan baik.
Sistem manajemen mutu untuk semua proses
Kompleksitas dari
sistem laboratorium mensyaratkan bahwa banyak faktor yang harus diterapkan
untuk menjamin mutu di laboratorium. Beberapa faktor tersebut antara lain :
·
lingkungan
laboratorium
·
prosedur
pengendalian mutu
·
komunikasi
·
pencatatan
·
kecakapan dan staf
yang berpengalaman
·
alat dan bahan yang
berkualitas.
Model Sistem Manajemen Mutu
§ Sekilas tentang
model sistem manajemen mutu
Ketika
semua prosedur laboratorium dan proses tersebut akan disusun dalam struktur
yang dapat dimengerti dan diterapkan, kesempatan untuk memastikan bahwa semua
dikelola dengan baik juga meningkat. Model mutu di sini digunakan untuk
mengatur semua kegiatan laboratorium menjadi 12 sistem mutu yang penting.
Sistem mutu yang penting ini adalah seperangkat dari kegiatan yang
dikordinasikan yang berfungsi seperti balok bangunan untuk manajemen mutu.
Masing-masing harus diatasi jika peningkatan kualitas laboratorium secara
keseluruhan yang ingin dicapai. Model sistem manajemen dikembangkan oleh CLSI,
dan sepenuhnya sesuai dengan standar ISO.
Menjamin
keakuratan dan keandalan seluruh jalur alur kerja tergantung pada manajemen
yang baik.
§ Organisasi
Dalam
rangka untuk memiliki fungsi sistem manajemen mutu, struktur dan manajemen
laboratorium harus diatur sehingga kualitas kebijakan dapat ditetapkan dan
dilaksanakan. Harus ada struktur organisasi pendukung yang kuat, komitmen manajemen sangat penting dan harus
ada mekanisme untuk pelaksanaan dan pemantauannya.
§ Personil
Sumber
daya laboratorium yang paling penting adalah kemampuan, sikap kerja para
pegawai. Kualitas sistem manajemen untuk banyak elemen dari manajemen
personalia dan pengawasan, dan mengingatkan kita tentang pentingnya dorongan
dan motivasi.
§ Peralatan
Banyak
jenis peralatan yang digunakan di laboratorium, dan masing-masing peralatan
harus berfungsi dengan baik. Pemilihan peralatan yang tepat, pemasangan dengan
benar, memastikan bahwa peralatan baru bekerja dengan baik, dan memiliki sistem
untuk pemeliharaan adalah bagian dari program manajemen peralatan dalam sistem
manajemen mutu.
§ Pembelian dan
persediaan
Pengelolaan
bahan-bahan dan perlengkapan di laboratorium kerap kali menjadi tugas yang
menantang. Namun, pengelolaan yang baik dari pembelian dan persediaan dapat
menciptakan penghematan biaya selain untuk memastikan persediaan bahan-bahan
yang tersedia bila diperlukan. Prosedur yang merupakan bagian dari manajemen
pembelian dan persediaan dirancang untuk memastikan bahwa semua bahan-bahan dan
perlengkapan mempunyai kualitas yang baik, dan bahwa bahan-bahan tersebut
digunakan dan disimpan dengan cara melindungi keutuhan dan kehandalannya.
§ Proses pengawasan
Proses
pengawasan terdiri dari beberapa faktor yang penting dalam memastikan kualitas
proses pengujian laboratorium. Faktor-faktor ini termasuk kontrol kualitas
untuk pengujian, manajemen yang tepat dari sampel, termasuk pengumpulan dan
penanganan, dan pembuktian metode dan pengesahan.
Unsur-unsur
dari proses pengendalian yang sangat akrab bagi laboran, pengawasan kualitas
adalah salah satu latihan kualitas pertama untuk digunakan di laboratorium dan
selanjutnya untuk menempatkan peran penting dalam memastikan keakuratan
pengujian.
§ Manajemen informasi
Produk
dari laboratorium adalah informasi, terutama dalam bentuk tes pelaporan.
Informasi (data) harus hati-hati dikelola untuk memastikan keakuratan dan
kerahasiaan, serta aksesibilitas ke staf laboratorium dan kesehatan penyedian
perawatan. Informasi dapat dikelola dan disampaikan dengan sistem kertas atau
dengan komputer, keduanya akan dibahas pada bagian manajemen informasi.
§ Dokumen dan catatan
Dari
12 sistem mutu, banyak yang saling tumpang tindih. Misalnya hubungan antara
"dokumen dan catatan" dan "manajemen informasi".
Dokumen
yang diperlukan di laboratorium untuk menginformasikan bagaimana melakukan
sesuatu, dan laboratorium selalu memiliki banyak dokumen. Dalam melakukan
rekaman harus dengan cermat agar menjadi akurat dan mudah diakses.
§ Kejadian manajemen
Kejadian
manajemen laboratorium adalah suatu kesalahan atau suatu peristiwa yang sering
terjadi di dalam laboratorium. Sebuah system di dalam laboratorim diperlukan
untuk mendeteksi masalah atau kejadian. Untuk menangani hal tersebut , kita
harus belajar dari kesalahan dan harus di ambil tindakan sehingga hal tersebut
tidak terjadi lagi.
§ Penilaian
Proses
penilaian merupakan suatu proses untuk memeriksa kinerja laboratorium dan
membandingkannya dengan standar, tolak ukur atau dengan kinerja laboratorium
lainnya. Standar kualitas laboratorium merupakan bagian penting dari proses
penilaian, pelayanan dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk laboratorium.
Proses penilaian terbagi atas dua macam yaitu :
1.
Penilaian internal yaitu penilaian yang dilakukan dalam
laboratorium dengan menggunakan staf itu sendiri.
2.
Penilaian eksternal yaitu penilaian yang dilakukan dalam
laboratorium oleh kelompok atau lembaga di luar laboratorium.
§ Tindakan perbaikan
Tujuan
utama dalam system manajemen mutu adalah perbaikan secara terus-menerus di
dalam laboratorium dan dilakukan secara sistematis.
§ Peleyanan kepada
pelanggan
Konsep pelayanan
kepada pelanggan sering diabaikan dalam praktek laboratorium. Namun penting
untuk diketahui bahwa laboratorium adalah organisasi jasa. Oleh karena itu
pelanggan atau klien yang masuk ke dalam suatu laboratorium menerima apa yang
mereka butuhkan. Laboratorium harus memahami siapa pelanggan dan apa yang
mereka butuhkan sehingga nantinya akan ada umpan balik pelanggan untuk membuat
perbaikan.
§ Fasilitas dan
keselamatan
Ada beberapa hal yang harus menjadi bagian dari fasilitas
manajemen dan keselamatan seperti :
1.
Keamanan
Berfungsi
untuk mencegah resiko yang tidak di inginkan atau bahaya yang ada di ruang
laboratorium.
2.
Penahanan
Berfungsi
untuk meminimalkan resiko dan mencegah bahaya di ruang laboratorium yang dapat
menyebabkan kerugian bagi masyarakat.
3.
Keselamatan
Mencakup
kebijakan dan prosedur atau tatanan untuk mencegah kerugian pekerja, pelanggan
dan masyarakat.
4.
Ergonomics
Membahas
fasilitas dan adaptasi peralatan untuk memungkinkan keamanan dan kondisi kerja
di lokasi laboratorium.
§ Model sistem
manajemen mutu
Dalam
model sistem manajemen mutu, semua dari 12 sistem kualitas yang perlu harus
ditujukan untuk memastikan hasil laboratorium yang akurat, handal dan tepat
waktu, dan untuk memiliki kualitas operasi laboratorium. Penting untuk
diketahui bahwa didalam laboratorium 12 sistem mutu dapat diterapkan dalam
urutan yang paling sesuai dengan laboratorium. Pendekatan untuk pelaksanaannya
akan berbeda dengan kondisi setempat.
Ketika
laboratorium tidak menerapkan sistem manajemen mutu yang baik maka akan ada
banyak kesalahan yang dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga. Namun
menerapkan sistem manajemen mutu juga tidak menjamin laboratorium akan bebas
dari masalah, tapi dengan menerapkan sistem manajemen mutu dalam laboratorium
akan menghasilkan laboratorium yang berkualitas tinggi dan dapat mendeteksi
kesalahan serta mencegah kesalahan itu untuk terjadi lagi.
DAFTAR
PUSTAKA
Akhyar,
Khairul. 2007. Kinerja Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 1 Sedayu Bantul
Provinsi
Daerah Istimewa Yogyakarta.
Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yogyakarta
Pratomo,
Agus Joko. 2018. Pengendalian Mutu
Laboratorium Medis. Cetakan Pertama.
Yogyakarta: Deepublish
Saputra,
Lia. 2012. Kinerja Teknisi Laboratorium
di SMK Negeri Kelompok Teknologi dan
Rekayasa
Sekabupaten Sleman.
Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Komentar
Posting Komentar