Metode Ceramah Pada Pembelajaran


Metode ceramah adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ini disebut juga dengan metode kuliah atau metode pidato.




Tujuan Metode Ceramah:

  1. Menciptakan landasan pemikiran peserta didik melalui produkceramah yaitu bahan tulisan peserta didik sehingga pesertadidik dapat belajar melalui bahan tertulis hasil ceramah.
  2. Menyajikan garis-garis besar isi pelajaran dan permasalahanyang terdapat dalam isi pelajaran
  3. Merangsang peserta didik untuk belajar mendiri dammenumbuhkan rasa ingin tahu melalui pemerkayaan belajar.
  4. Memperkenalkan hal-hal baru dan memberikan penjelasan secara gamblang.
  5. Sebagai langkah awal untuk metode yang lain dalam upayamenjelaskan prosedur-prosedur yang harus ditempuh pesertadidik.
Metode ceramah ini digunakan karena pertimbangan:

  1. Anak benar-benar memerlukan penjelasan, misalnya karena baru atau guna menghindari kesalahpahaman.
  2. Benar-benar tidak ada sumber bahan pelajaran bagi para peserta didik.
  3. Menghadapi peserta didik yang banyak jumlahnya dan bila menggunakan metode lain sukar untuk diterapkan.
Kelebihan-kelebihan dari metode ceramah:

  1. Praktis dari sisi persiapan
  2.  Efisien dari sisi waktu dan biaya. 
  3. Dapat menyampaikan materi yang banyak.
  4.  Mendorong guru untuk menguasai materi
  5. Lebih mudah mengontrol kelas
  6. Peserta didik tidak perlu persiapan
  7. Peserta didik langsung menerima ilmu pengetahuan.
Kelemahan dari metode ceramah:

  1. Guru lebih aktif sedangkan murid pasif karena perhatian hanya terpusat pada guru.
  2. Siswa seakan diharuskan mengikuti segala apa yangdisampaikan oleh guru, meskipun murid ada yang bersifat kritiskarena guru dianggap selalu benar. 
  3. Siswa akan lebih bosan dan merasa mengantuk, karena dalam metode ini, hanya guru yang aktif dalam proses belajar mengajar, sedangkan para peserta didik hanya duduk diam mendengarkan penjalasan yang telah diberikan oleh guru.
Langkah – langkah menggunakan metode ceramah adalah sebagai berikut ( Suciati, 2005 : 77 ) :

  1. Tahap persiapan : yang artinya tahap guru untuk menciptakan kondisi sebelum memulai mengajar.
  2. Tahap penyajian : yang artinya saat guru menyampaikan bahan ceramah.
  3. Tahap asosiasi : yang artinya memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan dan membandingkan bahan ceramah yang telah diterimanya. Untuk itu pada tahap ini diberikan kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi.
  4. Tahap generalisasi dan kesimpulan : yang artinya menyimpulkan hasil ceramah, umumnya siswa mencatat dari yang telah diceramahkan.
  5. Tahap aplikasi atau evaluasi : yang artinya penilaian terhadap hasil siswa mengenai bahan yang telah diberikan guru, evalusi biasanya dalam bentuk lisan, tertulis, dan lain – lain.


Komentar

Postingan Populer