Belajar dengan Edmodo
Metode pengajaran tradisional masih kurang efektif jika dibandingkan dengan metode pengajaran modern. Materi pelajaran dan latihan soal yang diberikan guru terkadang dianggap berat dan sulit dipahami oleh sebagian siswa. Akibatnya banyak siswa yang belum termotivasi untuk benar-benar memahami materi pelajaran.. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus, maka akan berdampak buruk pada hasil belajar siswa, sehingga dibutuhkan bahan ajar tambahan untuk siswa yang dapat memotivasi siswa untuk mempelajari dan memahami konsep serta mendalami contoh soal dan penyelesaiannya dengan baik terutama dapat digunakan secara mandiri.
Sumber
belajar seperti buku ajar sangat penting untuk dilakukan pengembangan dalam
segi isi, tata bahasa, gambar, sistematika penyampaian materi, dan lain
sebagainya. Kegunaan dilakukannya pengembangan bahan ajar ialah untuk membuat
daya tarik pembaca maupun pemakai bahan ajar untuk mempelajari bahan ajar
tersebut. Dengan buku ajar yang menarik, mudah dimengerti dari segi bahasa dan
isi, maka pembaca maupun pengguna lebih cepat mendapatkan pesan dan maksud dari
bahan ajar tersebut.
Sistem
e-learning diharapkan bukan sekedar menggantikan tetapi diharapkan pula untuk
dapat menambahkan metode dan materi pengajaran tradisional seperti diskusi
dalam kelas, buku, CD-ROM dan pelatihan komputer non internet. Elemen yang
terdapat dalam sistem e-learning sebagai berikut ini.
1) Soal-soal:
materi dapat disediakan dalam bentuk modul, adanya soal-soal yang disediakan
dan hasil pengerjaannya dapat ditampilkan. Hasil tersebut dapat dijadikan
sebagai tolak ukur dan pelajar mendapatkan apa yang dibutuhkan.
2) Komunitas:
para pelajar dapat mengembangkan komunitas online untuk memperoleh dukungan dan
berbagi informasi yang saling menguntungkan.
3) Pengajar
online: para pengajar selalu online untuk memberikan arahan kepada para
pelajar, menjawab pertanyaan dan membantu dalam diskusi.
4) Kesempatan
bekerja sama: Adanya perangkat lunak yang dapat mengatur pertemuan online
sehingga belajar dapat dilakukan secara bersamaan atau real time tanpa kendala
jarak.
5) Multimedia:
penggunaan teknologi audio dan video dalam penyampaian materi sehingga menarik
minat dalam belajar.
Salah
satu social network yang cukup banyak
memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran e-learning
adalah Edmodo. Akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan alamat website
www.edmodo.com. Pada halaman awal Edmodo terlihat, bahwa pengguna Edmodo
terbatas, yaitu guru, siswa, orang tua, dan sekolah. Edmodo mempunyai
fitur-fitur Learning Management System
(LMS) untuk mendukung e-learning seperti folder untuk meletakan materi
pelajaran, posting pesan untuk saling bertanya jawab antara sesama anggota group belajar, penugasan, kuis dan
jajak pendapat (Marfuah, 2011). Selain itu terdapat fasiltas untuk memungkinkan
adanya group-group kecil untuk cooperative learning dalam Edmodo.
Edmodo
adalah platform berbasis web yang memberikan suatu cara yang mudah dan aman
bagi sebuah kelas untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi content, dan akses
pekerjaan rumah, memberikan penilaian dan pemberitahuan. Edmodo serupa dengan
Facebook tapi edmodo lebih aman dan dapat dikontrol oleh sekolah. Edmodo
menyediakan lingkungan yang aman untuk belajar dimana guru dapat membuat sebuah
kelas untuk siswa-siswanya. Dalam group virtual ini, guru dapat:
·
Meletakkan sumber daya digital untuk diakses atau diunduh siswa.
·
Membuat jejak pendapat yang dapat diikuti oleh siswa secara online.
·
Membuat ringkasan pendek tentang pelajaran untuk siswa yang absen ke sekolah
·
Memposting informasi pekerjaan rumah.
Langkah
Menggunakan Edmodo dan Fitur
1. Pembuatan suatu account Edmodo:
guru dan siswa.
Skill
utama dan paling sederhana dengan Edomodo adalah membuat sebuah account. Terdapat dua pilihan ketika
melakukannya. Sebagai teacher, account
membutuhkan alamat email dan memberikan guru hak untuk membuat group untuk siswa-siswanya untuk
bergabung. Sebagai student tidak
membutuhkan alamat email, pembuatan group Edmodo adalah solusi yang baik
buat siswa dibawah umur 13 tahun dimana siswa tidak boleh membuat group, hanya
dibolehkan bergabung saja.
2. Membuat dan bergabung dengan sebuah
group di Edmodo
Setelah pembuatan account, langkah berikutnya adalah membuat group. Pada sisi sebelah kiri layar, klik “Create”. Lalu ikuti langkah-langkah untuk membuat sebuah group.
Terdapat beberapa opsi lanjutan untuk mengatur beberapa hal untuk siswa dan
pemonitoringan posting. Sebagai
contoh, jika guru ingin untuk mengabulkan semua komentar sebelah mereka
diposting, atau mengatur semua anggota hanya bisa membaca.
Pengaturan-pengaturan ini dapat sealu diatur ulang kemudian, dan dirubah oleh
siswa atau anggota secara individual. Guru juga dapat mengatur kode “Join” dan bahkan menguncinya dari
anggota baru.
3. Memposting note, kuis, tugas-tugas,
dan lainnya.
Mem-posting note pada group dalam Edomodo adalah cara termudah untuk berdiskusi dalam
kelas virtual. Dengan kelebihannya untuk melampirkan file atau link website, seorang guru dapat dengan
mudah membagi sumber datya, seperti catatan kelas, video, secara langsung ke
anggota group. Posting-an kuis dan tugas, lengkap dengan referensi dan batas
tanggalnya, adalah hal lain yang dapat di-posting
pada edmodo.
4.
Penambahan
dan Pengaturan Isi Library
Edmodo
dapat menjadi virtual perpustakan guru. Karena Edmodo dapat diakses melalui
banyak peralatan, penggunaan perpustakaan Edmodo memperbolehkan guru menyimpan
isi, referensi, website, dan akses lainnya. Edmodo mengizinkan guru
mengefesienkan berbagi materi, misalnya guru menggunakannya pada beberapa kelas
yang berbeda atau beberapa waktu yang berbeda. File yang telah diupload, dapat
digunakan pada semua group yang ditangani oleh seorang guru, merupakan
kemampuan Edmodo yang sangat berguna. Guru tidak perlu mengupload berkali-kali,
dengan hanya satu kali upload maka file tersebut akan ditempatkan pada setiap
folder group yang diiginkan.
5.
Menemukan
sumber daya (referensi) baru
Salah satu fitur
Edomodo yang mungkin bisa disalahpahami adalah ‘Discover”. Tab Discover
mengizinkan seorang guru untuk melihat apa digunakan oleh guru lain sebagai
sumber daya dan berbagi pada Edmodo. Edmodo menggunakan algoritma yang kompleks
untuk mengindeks and menngedit content untuk berbagi dengan guru lain pengguna
Edmodo. Guru dapat pergi ke tab Discover dan mengetikan sebuah subjek atau
topik yang guru ajarkan. Guru akan diarahkan langsung kepada trending sumber
daya, dan akan melihat seberapa banyak guru lain menggunakan sumber daya
tersebut dengan siswasiswanya.
6.
Edmodo
Planner
Guru atau siswa
dapat menggunkan Edmodo planner untuk
mengorganisasikan waktu. Planner adalah
sebuah kalender yang mengelompokan konten secara otomatis bersama kuis, tugas
dan alert yang telah dikirim untuk group-group
khusus. Siswa akan dengan mudah mengakses planner
dalam Edmodo dan akan diingatkan ketika hal yang berbeda (misalnya tugas, kuis)
datang atau telah melampaui batas waktu.
Planner adalah fitur yang mudah digunakan, dan sangat penting agar siswa
selalu terinformasikan akan batas waktu (deadline)
suatu kegiatan.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar