Belajar dengan Edmodo



     Metode pengajaran tradisional masih kurang efektif jika dibandingkan dengan metode pengajaran modern. Materi pelajaran dan latihan soal yang diberikan guru terkadang dianggap berat dan sulit dipahami oleh sebagian siswa. Akibatnya banyak siswa yang belum termotivasi untuk benar-benar memahami materi pelajaran.. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus, maka akan berdampak buruk pada hasil belajar siswa, sehingga dibutuhkan bahan ajar tambahan untuk siswa yang dapat memotivasi siswa untuk mempelajari dan memahami konsep serta mendalami contoh soal dan penyelesaiannya dengan baik terutama dapat digunakan secara mandiri.
Sumber belajar seperti buku ajar sangat penting untuk dilakukan pengembangan dalam segi isi, tata bahasa, gambar, sistematika penyampaian materi, dan lain sebagainya. Kegunaan dilakukannya pengembangan bahan ajar ialah untuk membuat daya tarik pembaca maupun pemakai bahan ajar untuk mempelajari bahan ajar tersebut. Dengan buku ajar yang menarik, mudah dimengerti dari segi bahasa dan isi, maka pembaca maupun pengguna lebih cepat mendapatkan pesan dan maksud dari bahan ajar tersebut.


Sistem e-learning diharapkan bukan sekedar menggantikan tetapi diharapkan pula untuk dapat menambahkan metode dan materi pengajaran tradisional seperti diskusi dalam kelas, buku, CD-ROM dan pelatihan komputer non internet. Elemen yang terdapat dalam sistem e-learning sebagai berikut ini.
1) Soal-soal: materi dapat disediakan dalam bentuk modul, adanya soal-soal yang disediakan dan hasil pengerjaannya dapat ditampilkan. Hasil tersebut dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan pelajar mendapatkan apa yang dibutuhkan.
2) Komunitas: para pelajar dapat mengembangkan komunitas online untuk memperoleh dukungan dan berbagi informasi yang saling menguntungkan.
3) Pengajar online: para pengajar selalu online untuk memberikan arahan kepada para pelajar, menjawab pertanyaan dan membantu dalam diskusi.
4) Kesempatan bekerja sama: Adanya perangkat lunak yang dapat mengatur pertemuan online sehingga belajar dapat dilakukan secara bersamaan atau real time tanpa kendala jarak.
5) Multimedia: penggunaan teknologi audio dan video dalam penyampaian materi sehingga menarik minat dalam belajar.
Salah satu social network yang cukup banyak memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran e-learning adalah Edmodo. Akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan alamat website www.edmodo.com. Pada halaman awal Edmodo terlihat, bahwa pengguna Edmodo terbatas, yaitu guru, siswa, orang tua, dan sekolah. Edmodo mempunyai fitur-fitur Learning Management System (LMS) untuk mendukung e-learning seperti folder untuk meletakan materi pelajaran, posting pesan untuk saling bertanya jawab antara sesama anggota group belajar, penugasan, kuis dan jajak pendapat (Marfuah, 2011). Selain itu terdapat fasiltas untuk memungkinkan adanya group-group kecil untuk cooperative learning dalam Edmodo.
Edmodo adalah platform berbasis web yang memberikan suatu cara yang mudah dan aman bagi sebuah kelas untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi content, dan akses pekerjaan rumah, memberikan penilaian dan pemberitahuan. Edmodo serupa dengan Facebook tapi edmodo lebih aman dan dapat dikontrol oleh sekolah. Edmodo menyediakan lingkungan yang aman untuk belajar dimana guru dapat membuat sebuah kelas untuk siswa-siswanya. Dalam group virtual ini, guru dapat:
· Meletakkan sumber daya digital untuk diakses atau diunduh siswa.
· Membuat jejak pendapat yang dapat diikuti oleh siswa secara online.
· Membuat ringkasan pendek tentang pelajaran untuk siswa yang absen ke sekolah
· Memposting informasi pekerjaan rumah.
Langkah Menggunakan Edmodo dan Fitur
1.      Pembuatan suatu account Edmodo: guru dan siswa.
Skill utama dan paling sederhana dengan Edomodo adalah membuat sebuah account. Terdapat dua pilihan ketika melakukannya. Sebagai teacher, account membutuhkan alamat email dan memberikan guru hak untuk membuat group untuk siswa-siswanya untuk bergabung. Sebagai student tidak membutuhkan alamat email, pembuatan group Edmodo adalah solusi yang baik buat siswa dibawah umur 13 tahun dimana siswa tidak boleh membuat group, hanya dibolehkan bergabung saja.
2.      Membuat dan bergabung dengan sebuah group di Edmodo
Setelah pembuatan account, langkah berikutnya adalah membuat group. Pada sisi sebelah kiri layar, klik “Create”. Lalu ikuti langkah-langkah untuk membuat sebuah group. Terdapat beberapa opsi lanjutan untuk mengatur beberapa hal untuk siswa dan pemonitoringan posting. Sebagai contoh, jika guru ingin untuk mengabulkan semua komentar sebelah mereka diposting, atau mengatur semua anggota hanya bisa membaca. Pengaturan-pengaturan ini dapat sealu diatur ulang kemudian, dan dirubah oleh siswa atau anggota secara individual. Guru juga dapat mengatur kode “Join” dan bahkan menguncinya dari anggota baru.
3.      Memposting note, kuis, tugas-tugas, dan lainnya.
Mem-posting note pada group dalam Edomodo adalah cara termudah untuk berdiskusi dalam kelas virtual. Dengan kelebihannya untuk melampirkan file atau link website, seorang guru dapat dengan mudah membagi sumber datya, seperti catatan kelas, video, secara langsung ke anggota group. Posting-an kuis dan tugas, lengkap dengan referensi dan batas tanggalnya, adalah hal lain yang dapat di-posting pada edmodo.

4.      Penambahan dan Pengaturan Isi Library
Edmodo dapat menjadi virtual perpustakan guru. Karena Edmodo dapat diakses melalui banyak peralatan, penggunaan perpustakaan Edmodo memperbolehkan guru menyimpan isi, referensi, website, dan akses lainnya. Edmodo mengizinkan guru mengefesienkan berbagi materi, misalnya guru menggunakannya pada beberapa kelas yang berbeda atau beberapa waktu yang berbeda. File yang telah diupload, dapat digunakan pada semua group yang ditangani oleh seorang guru, merupakan kemampuan Edmodo yang sangat berguna. Guru tidak perlu mengupload berkali-kali, dengan hanya satu kali upload maka file tersebut akan ditempatkan pada setiap folder group yang diiginkan.

5.      Menemukan sumber daya (referensi) baru
Salah satu fitur Edomodo yang mungkin bisa disalahpahami adalah ‘Discover”. Tab Discover mengizinkan seorang guru untuk melihat apa digunakan oleh guru lain sebagai sumber daya dan berbagi pada Edmodo. Edmodo menggunakan algoritma yang kompleks untuk mengindeks and menngedit content untuk berbagi dengan guru lain pengguna Edmodo. Guru dapat pergi ke tab Discover dan mengetikan sebuah subjek atau topik yang guru ajarkan. Guru akan diarahkan langsung kepada trending sumber daya, dan akan melihat seberapa banyak guru lain menggunakan sumber daya tersebut dengan siswasiswanya.

6.      Edmodo Planner
Guru atau siswa dapat menggunkan Edmodo planner untuk mengorganisasikan waktu. Planner adalah sebuah kalender yang mengelompokan konten secara otomatis bersama kuis, tugas dan alert yang telah dikirim untuk group-group khusus. Siswa akan dengan mudah mengakses planner dalam Edmodo dan akan diingatkan ketika hal yang berbeda (misalnya tugas, kuis) datang atau telah melampaui batas waktu. Planner adalah fitur yang mudah digunakan, dan sangat penting agar siswa selalu terinformasikan akan batas waktu (deadline) suatu kegiatan.

Sumber:


Komentar

Postingan Populer